23 Yayasan Damkar Terima Penghargaan dari Pemkot

By Administrator // Selasa, 18 Maret 2014 // 04:39 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Upacara Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-95

Sebanyak 23 yayasan pemadam kebakaran menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak pada upacara peringatan Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-95, Selasa (18/3). Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono kepada masing-masing ketua yayasan. “Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran kepada mereka yang telah berdedikasi dalam mengabdikan dirinya untuk membantu memadamkan api,” ujarnya.
Sebagai barisan terdepan, institusi pemadam kebakaran mempunyai peranan penting dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran. Untuk meminimalisir kabakaran, perlu adanya peningkatan kapasitas institusi pemadam kebakaran dalam mengurangi resiko kebakaran di setiap tahapan manajemen kebakaran. “Baik pada pra kebakaran, saat kejadian kebakaran dan paska kebakaran dengan lebih mengedepankan tindakan preventif dari pada responsif,” jelas Edi.
Tindakan preventif yang dapat dilakukan yakni mitigasi, penyuluhan, inspeksi penegakan hukum, kesiapsiagaan serta pemberdayaan masyarakat dan dunia usaha. Kegiatan peningkatan dan pengembangan kapasitas pemerintah daerah dan institusi kebakaran harus dapat terfasilitasi secara optimal. “Baik dari sudut sistem, kelembagaan, sumber daya manusia, maupun manajemen kebakaran,” tuturnya.
Kepada petugas pemadam kebakaran, Edi mengajak untuk meningkatkan semangat dan kinerja semua pihak dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Sadarilah bahwa institusi pemadam kebakaran memainkan peranan yang sangat penting dalam menjaga kualitas lingkungan hidup yang bermuara pada pemantapan perekonomian bangsa ini,” tutupnya. (jim)

Share Post: