Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah

By Administrator // Jumat, 04 Juli 2014 // 10:33 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Setelah sukses menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah, Merekontruksi Sejarah dan Budaya Daerah Kalimantan Barat (Kalbar), Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (PAD) Kota Pontianak kembali menggelar lomba serupa. Pendaftaran atau tahap penerimaan naskah karya tulis mulai dibuka tanggal 7 Juli dan ditutup 14 Agustus 2014. “Lomba karya tulis ilmiah ini digelar sebagai wadah untuk mengembangkan “Budaya Tulis” dan meningkatkan minat masyarakat untuk membuat karya tulisan tentang kesejarahan dan budaya lokal daerah atau karya-karya yang bermuatan lokal,” ujar Plt Kepala Kantor PAD Kota Pontianak Radi Muharto, Kamis (3/7) di ruang kerjanya.
Menurutnya, kegiatan lomba tersebut merupakan salah satu program sadar arsip yang dilaksanakan Pemkot Pontianak dengan maksud menumbuhkembangkan “budaya tulis” berdasarkan informasi primer yakni arsip itu sendiri yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. “Selama ini masyarakat kita cenderung pada “budaya dengar” di mana informasi yang mereka peroleh hanya berdasarkan dari mulut ke mulut. Dengan digelarnya lomba karya tulis ini, kita berharap masyarakat bisa memperoleh informasi yang benar terutama berkaitan dengan sejarah dan budaya di Kalbar berdasarkan arsip yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah,” jelas Radi.
Latar belakang digelarnya lomba karya tulis ilmiah ini adalah sebagai salah satu bentuk perhatian Pemkot Pontianak terhadap nilai-nilai nasionalisme dan akar budaya kearifan lokal/daerah yang berkembang di masyarakat khususnya Kota Pontianak dan Kalbar pada umummya.
Dijelaskan Radi, tahapan Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah, Merekontruksi Sejarah dan Budaya Daerah Kalbar yakni tahap penerimaan naskah mulai 7 Juli – 14 Agustus 2014, tahap penilaian juri 18 – 31 Agustus 2014 dan pengumuman finalis tanggal 1 September 2014. “Untuk presentasi lima karya terbaik sekaligus penyerahan lima hadiah rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2014,” tuturnya.
Selain piagam penghargaan, panitia juga menyediakan hadiah uang tunai bagi lima karya terbaik masing-masing juara I Rp 3 juta, juara II Rp 2 juta, juara III Rp 1 juta, juara IV Rp 750 ribu dan juara V Rp 500 ribu.
Adapun tema pilihan lomba karya tulis ilmiah yang telah disediakan panitia diantaranya Peran Tokoh Daerah Dalam Peristiwa sejarah Lokal/Daerah Kalimantan Barat, Peristiwa-Peristiwa Sejarah Yang Terjadi di Tingkat Daerah Kalimantan Barat, Sejarah Kelembagaan yang Terkait Peristiwa Sejarah Lokal/Daerah, dan Budaya dan Kearifan Lokal/ Daerah Kalimantan Barat.
Lomba karya tulis ilmiah ini terbuka bagi umum maupun mahasiswa di wilayah Kalbar dan tidak dipungut biaya. Karya yang dilombakan harus original dan belum pernah diperlombakan atau dipublikasikan sebelumnya. Sedangkan sistematika penulisan karya sesuai dengan metodelogi penelitian sejarah mengandung unsur 5W+1H dan metodelogi penelitian budaya. “Makalah diketik dengan huruf Time New Roman 12 dengan kertas A4 Minimal 10 lembar dengan margin kiri 4 centimeter sedangkan margin kanan, atas dan bawah 3 centimeter,” terang Radi.
Penyerahan karya tulis dapat diantar langsung ke Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak Jalan Alianyang Nomor 7B Pontianak, telepon (0561) 7004600. Penyerahan karya dilampirkan softcopy dalam bentuk CD paling lambat tanggal 14 Agustus 2014 Cap Pos. “Lima karya terbaik dipresentasikan karyanya di depan Dewan Juri dan peserta lainya. Panitia tidak menanggung biaya tranportasi dan akomodasi finalis,” pungkasnya.
Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait lomba karya tulis ilmiah ini dapat menghubungi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak sesuai alamat tersebut di atas. “Bisa juga menghubungi kontak person Ardi, telepon (0561) 7004600 / 085750276072 atau Sumiati, telepon nomor (0561) 7004600 / 085248444933,” tutupnya. (Ahmad/Ardi)

Share Post: