KEGIATAN LOMBA BERCERITA TINGKAT SD/MI SE-KOTA PONTIANAK TAHUN 2014

By Administrator // Rabu, 18 Juni 2014 // 09:41 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Dalam menyukseskan program Nasional dan program tahunan pada Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak menyelenggarakan Lomba Bercerita Tigkat SD/MI se-kota Pontianak, tanggal 18 Juni 2014 yang bertempat di Ruang Baca Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Lantai II Jalan Alianyang No. 7 Pontianak. Adapun kegiatan Lomba Berceria ini diikuti para peserta dari masing-masing kecamatan yang berjumlah 27 orang peserta, Rekomendasi Walikota Pontianak, Dinas Pendidikan, tim Penilai/Juri diambil dari unsur pendidikan dan perguruan tinggi serta budayawan serta Bapak/Ibu Guru, Kepala sekolah yang mendampingi siswa/siswinya dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan Lomba berceria ini dipilih oleh panitia Lomba yang bersumber dari budaya lokal cerita-cerita rakyat yang berasal dari kalimantan barat atau budaya lokal. dari 27 Peserta terpilih 6 penampilan terbaik antara lain Juara I yang diraih oleh Rahmad Aziz Wirayudha utusan dari SDS Al-Azhar Pontianak Tenggara, Juara II diraih oleh Afika Meisya Zharfa utusan dari SD Al-Azhar Pontianak Tenggara, Juara II diarih oleh Sherin Nada Salsabilah.

Seperti yang telah disampaikan Plt. Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan dokumentasi Kota Pontianak ruang kerjanya, maksud diadakannya lomba ini adalah sebagaimana yang diamatkan dalam UUD 1945 dan UU 3 No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk mengembangkan potensi masyarakat. Agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung-jawab. Dan mengantisipasi perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara di abad yang semakin modern ini.

Dengan adanya lomba bercerita ini diupayakan dapat memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa Sekolah Dasar (SD) di bidang seni dan sastra, mengangkat potensi yang dimiliki siswa hingga mampu memberikan prestasi serta kebanggaan bagi dunia pendidikan di Kota Pontianak pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya, menurut kata yang disampaikan Kepala Plt. Kepala Kantor Perpustakaan, Arisp dan Dokmentasi Kota Pontianak.

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkankembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media, Untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, Menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah, Menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara, Menghimpun usaha pengembangan minat baca anak-anak dikaitkan dengan kondisi psikologisnya. Memotivasi sekolah untuk berusaha mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai wadah peningkatan minat baca dan rekreasi Dan menumbuhkembangkan minat dan budaya baca sejak dini, serta para siswa dapat membiasakan membaca kapan saja, di mana saja dan apa saja. Sehingga tercipta minat dan budaya baca dikalangan generasi muda sejak dini.(Ahmad.S/Arsip).

Share Post: