RT/RW Terima Bantuan Operasional dari Pemkot

By Administrator // Selasa, 18 Maret 2014 // 04:48 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Sedikitnya 2.999 orang yang terdiri dari 2.549 orang ketua RT dan 450 orang ketua RW menerima bantuan dana operasional RT/RW dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Bantuan operasional sebesar Rp 1 juta per orang tersebut diserahkan secara bertahap di enam kecamatan se-Kota Pontianak. Bantuan operasional ini sebagai bentuk apresiasi Pemkot Pontianak terhadap seluruh RT dan RW yang telah membantu kelancaraan pelaksanaan tugas-tugas Pemkot Pontianak. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji kepada perwakilan ketua RT dan RW, Selasa (18/3) di Aula Kantor Camat Pontianak Barat. Selain Kecamatan Pontianak Barat, menyusul kecamatan-kecamatan lainnya se-Kota Pontianak.
Dalam kesempatan itu, Sutarmidji berharap kepada pengurus RT dan RW dapat lebih berperan aktif dalam mengupayakan kemandirian organisasinya serta menggali sumber daya masyarakat yang ada untuk merealisasikan program dan kegiatan dengan lebih menumbuhkembangkan semangat gotong-royong dan peran serta masyarakat di lingkungan masing-masing sebagai modal dasar pembangunan saat ini dan di masa yang akan datang. “Sebab sebagai organisasi kemasyarakatan yang hidup dan berkembang, perlu dilakukan pembinaan oleh pemerintah dan kedepan diharapkan seluruh RT dan RW dapat berbenah diri dalam menata administrasi RT dan RW supaya lebih baik,” ujarnya.
Ia juga mengingatkan tahun 2014 ini, terdapat even pesta demokrasi Pemilu legislatif, DPD dan pemilihan presiden serta wakil presiden untuk periode lima tahun kedepan. “Mari kita sukseskan gelaran Pemilu tersebut dengan menjunjung tinggi kejujuran, keadilan dan transparansi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang aman damai dan sejahtera,” katanya.
Menurutnya, pemilu legislatif, DPD maupun pemilihan presiden dan wakil presiden adalah sebagai salah satu sarana penerapan demokrasi dalam penyelenggaraan otonomi daerah yang justru acap kali berujung pada munculnya konflik dalam masyarakat dan tidak harmonisnya hubungan antar warga. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mampu menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2014 dengan bersendikan pada prinsip-prinsip demokrasi, dimana penyelenggaraan pemilu tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya.
“Saya minta RT dan RW untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2014 di Kota Pontianak dengan melakukan harmonisasi pelayanan kepada masyarakat dengan baik dengan rasa perhatian dan penuh tanggung jawab,” imbaunya.
Wali Kota mengapresiasi warga Kota Pontianak bisa tetap menjaga kota ini dalam situasi yang kondusif. Dia pun berharap situasi ini tetap terkendali dan terus terpelihara serta dipertahankan dalam menyelenggarakan kegiatan pemerintahaan, pembangunan dan pelayanan publik dengan lebih baik, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Semua itu dapat terwujud atas dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk Ketua RT dan RW,” tutupnya.
Selain penyerahan bantuan operasional, para ketua RT dan RW juga dibekali wawasan berupa sosialisasi Pemilu 2014 yang disampaikan oleh narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak. (jim)

Share Post: