Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

By Administrator // Rabu, 12 Agustus 2015 // 08:41 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Dalam rangka menggalakkan kembali budaya gemar membaca serta memasyarakatkan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan tema ”Membangun Karakter Bangsa melalui Membaca dengan Memberdayakan Perpustakaan.” Berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2015 Bertempat di Ruang Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Walikota Pontianak Berjumlah 200 Peserta yang berasal dari Tokoh masyarakat umum, Tokoh Pemuda, Perwakilan dari SKPD, kepala sekolah, Pelajar, PKK, Camat, Lurah, Pustakawan dan Media Masa.

 

Hadir dalam acara ini Bertindak sebagai narasumber Ir. H. Zulfadli (anggota Komisi X DPR RI), Drs. Dedi Junaidi, M.Si (Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional ), H. Suratmidji, M. Hum (Walikota Pontianak), Drs. Ignasius.Ik, SH, M.Si (Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Prov. KalBar) dan Drs. H. Dwi Suryanto, M.Si (Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kota Pontianak).

 

Kegiatan ini dimaksudkan guna mendorong seluruh lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat. Wakil Walikota Pontianak dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini beliau juga mengajakan kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran dan di berbagai kesempatan. Hal ini dikarenakan membaca bukan lagi sebuah kewajiban karena masih berada di bangku sekolah akan tetapi sebagai kebutuhan untuk terus menambah pengetahuan kita setiap saat.

 

Sedangkan kepada para pengelola perpustakaan, Wakil Walikota Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT berharap agar ke depannya  pengelolaan perpustakaan dan taman bacaan di Kota Pontianak dapat lebih meningkat kualitasnya. Dengan kualitas perpustakaan yang baik dan strategi pengelolaan perpustakaan yang tepat maka minat baca masyarakat juga dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu. Kegiatan  ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan Sekolah, taman bacaan serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing. Dihimbau kepada pengurus perpustakaan untuk kreaif menciptakan inovasi sehingga anak-anak kita tertarik untuk datang ke perpustakaan. Seyogyanya perpustakaan menjadi rujukan pertama untuk mencari informasi. Berkenaan dengan hal tersebut, momen ini diharapkan mampu menjadi titik tolak bagi masyarakat untuk semakin mengenal perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat ilmu dan informasi.**Ah/KPAD**

Share Post: