Sutarmidji Raih Penghargaan Kepala Daerah Peduli KB

By Administrator // Kamis, 20 Agustus 2015 // 10:34 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Sukses Canangkan Program KB Perusahaan


Wali Kota Pontianak, Sutarmidji dianugerahi penghargaan Kepala Daerah Peduli Keluarga Berencana (KB) dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP), yakni sebuah NGO lokal bergerak di bidang kesehatan masyarakat khususnya advokasi KB. Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mewakili Wali Kota menerima penghargaan tersebut pada Pertemuan Pembelajaran Program AFP (Advance Family Planning) dan ICMM (Improving Contraceptive Method Mix (ICMM), Rabu (19/8) di Hotel Bidakara, Jakarta. Kota Pontianak dijadikanpilot project oleh AFP dengan unggulan pelaksanaan program KB bermitra dengan perusahaan melalui  Asosiasi Perusahaan Indonesia (Apindo). Bentuk kerja sama tersebut berupa program KB Perusahaan.

            Edi mengatakan, pelayanan kesehatan dan KB tidak hanya dilakukan dalam lingkungan masyarakat saja, namun bagi pekerja dan karyawan perusahaan juga perlu mendapatkan layanan kesehatan dan KB di lingkungan sekitar tempat kerja. Untuk itu, pemerintah mendorong kepada pihak perusahaan swasta agar bisa memberikan jaminan kesehatan dan pelayanan KB untuk seluruh karyawannya di lingkungan sekitar tempat kerja. “Tujuan KB Perusahaan ini adalah mendorong para karyawan mendapatkan secara aktif pelayanan kesehatan khususnya pelayanan KB yang berkualitas dalam waktu singkat tanpa meninggalkan tempat kerja,” ujarnya.

            Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak gencar menggaungkan program KB kepada masyarakat. Ia berharap, kesadaran masyarakat tumbuh dengan sendirinya mengingat program KB itu juga untuk membahagiakan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat itu sendiri. “Mudah-mudahan dengan diterimanya penghargaan ini bisa menjadi pemicu bagi kita supaya lebih gencar lagi untuk memasyarakatkan program KB,” kata Edi.

            Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan KB (BPMPAKB) Kota Pontianak, Darmanelly, mengatakan, setelah menjalin kerja sama dengan perusahaan, pihaknya akan bermitra dengan kelompok atau organisasi potensial untuk mensukseskan program KB. “Seperti TP-PKK, Dharma Wanita Persatuan, LPM, BKMT, IKBM, MABT, IWKI dan Perwati,” ungkapnya. 

Share Post: