Wali Kota Minta Segera Susun Rangking Gang Paling Rusak

By Administrator // Kamis, 20 Maret 2014 // 04:59 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Entah sudah beberapa kali Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengingatkan para lurah, RT dan RW untuk segera menyusun daftar gang-gang yang diprioritaskan untuk diperbaiki dengan berdasarkan rangking mana jalan gang yang paling rusak, namun belum juga ada yang tergerak untuk menyusunnya. “Saya sudah berbuih-buih minta supaya semua lurah, Pak RW dan Pak RT itu membuat rangking jalan gang yang paling jelek,” ungkapnya saat memberikan pengarahan pada penyerahan bantuan operasional RT/RW di Aula Kantor Camat Pontianak Tenggara, Kamis (20/3).
Penyusunan rangking jalan gang yang terjelek ini menurutnya supaya perbaikan jalan gang tersebut dilakukan berdasarkan prioritas mana yang mendesak untuk diperbaiki, bukan lantaran ada pejabat maupun anggota dewan yang berdiam di wilayah itu. “Jangan sampai nanti mentang-mentang di jalan itu ada anggota dewan atau pejabat Pemkot lalu di situ dibetulkan terus. Nah, tempat yang tidak ada pejabatnya tidak dibetul-betulkan, barulah nanti ada yang ngomel,” kata Midji.
Tak hanya itu, kualitas pengerjaan perbaikan jalan gang pun tak luput dari perhatian orang nomor satu di Kota Pontianak ini. Betapa tidak, ia tak ingin jalan yang diperbaiki dengan dana yang cukup besar namun kualitas jalannya tidak baik. Karenanya, Midji meminta mulai tahun ini semua jalan maupun gang tidak ada lagi yang menggunakan aspal goreng tetapi harus menggunakan produk Asphalt Mixing Plant (AMP). AMP merupakan produk campuran aspal panas dengan beberapa jenis agregate yang menghasilkan produk aspal hotmix siap pakai. Produk AMP ini diklaim kualitasnya lebih baik dari aspal yang dibuat secara konvensional. “Memang produk ini lebih mahal 20 sampai 30 persen, tetapi bisa bertahan lebih dari 2-3 tahun,” terangnya.
Sutarmidji juga mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pengerjaan maupun kualitas jalan gang yang diperbaiki di wilayahnya masing-masing. “Bapak/ibu juga saya minta cerewet juga apabila jalan gang yang diperbaiki kualitasnya asal-asalan, klaim saja saya yang perintahkan. Jangan dibiarkan, kan yang menikmati jalan itu bapak ibu juga,” tegasnya. (jim)

Share Post: